Give your website a premium touchup with these free WordPress themes using responsive design, seo friendly designs www.bigtheme.net/wordpress

INFRARED THERMOGRAPHY

Infrared thermography adalah suatu system pemeriksaan NDT ( Non-Destructive Test ) yang menggunakan camera infra-merah untuk memeriksa kondisi peralatan listrik & mekanik pada pabrik-pabrik, industri, pertambangan, gedung bertingkat, supermall, hospital, bandara, pelabuhan dan fasilitas umum lainnya.
Dengan memonitor suhu / temperatur pada saat peralatan M.E beroperasi, kemudian dibandingkan dengan suhu operasi normalnya, maka akan dapat dianalisa / dideteksi ada tidaknya  penyimpangan ( overheating ) yang umumnya merupakan gejala awal suatu kerusakan peralatan.
Penyebab overheating yang sering dijumpai pada peralatan M.E ( Listrik & Mekanik ) a.l.:
sambungan kabel / busbar/ komponen listrik yang kendor atau kotor, overloading capacity, pembebanan yang tidak seimbang antara fasa R,S,T,  terjadinya induksi elektromagnetis, overheating pada motor / bearing / engine genset, kebocoran pipa steam / flange/ thermal insulation , dll.
Pendeteksian lokasi & jenis kerusakan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat sehingga dapat mencegah kerusakan yang lebih parah seperti : terhentinya aliran listrik secara tiba-tiba, berhentinya operasi mesin / fasilitas produksi, atau timbulnya bahaya kebakaran pada titik-titik overheating kritis yang tidak terdeteksi.
Pemeriksaan infrared thermography dilakukan pada saat mesin / peralatan sedang beroperasi, sehingga tidak mengganggu kelancaran produksi / operasi perusahaan. Frekuensi pemeriksaan dilakukan setiap 6 bulan sekali untuk instalasi yang beban operasinya berubah-ubah secara cukup drastis,  atau minimal setiap tahun sekali untuk instalasi yang beban operasinya relatif stabil.
Pemeriksaan infrared adalah aman dan dapat dilakukan pada lingkungan yg “explosive” ataupun “ hazardous” karena tidak menyentuh atau menimbulkan effek negatif pada peralatan yang diperiksa, aman terhadap kesehatan maupun lingkungan karena teknologi pemeriksaan ini tidak memancarkan sinar inframerah atau gelombang elektromagnetis lainnya , melainkan menyerap sinar inframerah yg membawa radiasi panas dari peralatan yang sedang beroperasi.
Laporan hasil pemeriksaan disajikan dalam bentuk photo visual & thermal yang disertai dengan grafik temperatur untuk setiap jenis peralatan yang diperiksa.
Laporan juga mencantumkan analisa kondisi dari peralatan tersebut, serta faktor-faktor kemungkinan penyebab kerusakan dan rekomendasi perbaikannya.
Laporan selain dicetak dengan printer berwarna juga diberikan dalam bentuk CD ROM untuk memudahkan dilihat via monitor komputer ataupun dicetak ulang.
Pemberian CD ROM dimaksudkan untuk cadangan ( back-up ) jika laporan tertulis hilang / rusak.  Analisa laporan dilakukan oleh thermographer berpengalaman.

TUJUAN & MANFAAT THERMOGRAPHY

Tujuan utama dari pemeriksaan infrared adalah mendeteksi secara dini adanya gejala kerusakan pada peralatan-peralatan M.E (Listrik&Mekanik) sehingga dapat mencegah kerusakan yang lebih parah / fatal, baik pada peralatan tersebut atau pada rangkaian( system ) secara keseluruhan.
Dengan pemeriksaan infrared dapat diketahui dengan tepat kondisi setiap peralatan, dimana peralatan tersebut dapat dikategorikan sebagai :
–    Normal  : Tidak ditemukan adanya indikasi kerusakan
–    Overheating tahapawal : Gejala penyimpangan tahap awal
–    Overheating kritis :Jika ada sedikit penambahan beban akan rusak atau terbakar.
Dengan demikian setiap bagian dari peralatan( body ataupun sambungannya ) dapa tdiketahui kondisinya secara jelas.  Demikian pula dengan lokasinya sehingga perbaikan dapat dilakukan secara tepat sasaran.
Manfaat / keuntungan menggunakan pemeriksaan infrared thermography a.l.:
–    Kondisi setiap peralatan dapat dimonitor & didokumentasikan dengan baik.
–    Pemeriksaan berlangsung secara on-stream ( mesin / peralatan dalam keadaan beroperasi ) sehingga tidak mengganggu operasional perusahaan.
–    Permasalahan langsung dapat dideteksi saat pemeriksaan sehingga menghemat waktu & biaya untuk trouble-shooting / maintenance.
–    Dapat mencegah bahaya kebakaran akibat panas yang berlebihan pada sambungan yang kendor/ kotor ataupun breaker yang tidak berfungsi dengan baik.
–    Dengan perbaikan secara dini dapat dicegah pemborosan untuk pembelian peralatan baru ataupun kerugian lain yang lebih besar biayanya (berhentinya produksi ataupun kebakaran).
Dari hasil pemeriksaan di hotel Double Tree ada 161 obyek, ditemukan 20 obyek yang mengalami overheating dan13 obyek di antaranya dikategorikan sebagai overheating kritis yang harus segera diperbaiki.
Analisa detail mengenai kondisi masing-masing peralatan, lokasi, kemungkinan penyebab masalah dan rekomendasi perbaikannya dapat dilihat pada masing-masing lembar laporan sesuai dengan referensi nomer halamannya.
Untuk setiap masalah yang dijumpai, selalu lakukan pemeriksaan fisik dengan seksama untuk menentukan bagian apa yang perlu diperbaiki atau diganti.
Pemeriksaan ulang thermography sebaiknya dilakukan segera setelah perbaikan atas masalah pada pemeriksaan pertama selesai dilakukan
Perlu diingat bahwa peralatan dapat rusak sewaktu-waktu pada semua tingkatan masalah overheating.
Untuk menjaga keamanan dan kehandalan peralatan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan 1- 2 kali setahun secara rutin sebagai bagian dari program perawatan preventif dan prediktif.

JASA INFRARED THERMOGRAPHY

mengingat sangat pentingnya menjaga kestabilan rangkaian listrik dan mekanik untuk mencegah hal dapat membahayakan, maka alphanet menyediakan JASA INFRARED THERMOGRAPHY bagi perusahaan agar kestabilan listrik dapat tetap terjaga dan perbaikan dapat dilakukan sebelum terjadinya kerusakan yang fatal.